Jumat, 13 Juli 2012

Relaksasi Untuk Ibu Hamil

Relaksasi Ibu Hamil
Semakin bertambah usia kandungan ibu, semakin besar kandungannya, maka semakin berat pula beban yang ditanggung tubuh ibu. Hal ini menyebabkan titik berat tubuh pindah ke bagian depan. Sehingga tanpa disadari ibu hamil sering menarik bahu ke belakang saat berjalan. Posisi ini membuat tubuh, terutama punggung dan pinggang tidak nyaman, dan membuatnya terasa pegal.
Untuk itu relaksasi pada masa kehamilan sangat diperlukan. Apalagi saat hamil hormon di tubuh sering berubah, sehingga mood ibu hamil pun berubah-ubah. Kadang-kadang ibu hamil mengalami kecemasan, stress, sedih, dan lain-lain. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, misalnya dengan meditasi, yoga atau dipijat.

Meditasi

Herbert Benson M .D. Harvard Medical School mengatakan bahwa meditasi meningkatkan asupan oksigen, menstabilkan detak jantung, pernafasan, tekanan darah, serta meningkatkan intensitas gelombang alfa, teta dan delta. Meditasi khusus ibu hamil berbeda dengan meditasi yang mengharuskan tubuh duduk bersila. Ibu dapat melakukan meditasi dengan cara berbaring kesamping dengan posisi tubuh menggapit bantal. Supaya lebih tenang, ibu dapat memutar musik yang menenangkan, serta tarik dan hembuskan nafas secara teratur. Agar lebih rileks, selama meditasi berlangsung pejamkan mata ibu. Ibu bisa bermeditasi lewat arahan yang diberikan buku, menghadiri lokakarya, ataupun membeli CD petunjuk meditasi.

Yoga

Yoga merupakan alternatif olahraga yang aman untuk ibu hamil. Rangkaian gerakan yoga dapat membuat tubuh kuat dan lebih lentur. Olah pernafasan di dalam yoga dan teknik relaksasinya dapat membuat tubuh tenang, sehingga pikiran menjadi positif. Selain itu, dengan latihan yoga secara teratur, ibu hamil akan terbiasa untuk mengatur nafas, yang dapat bermanfaat saat melahirkan secara normal nanti. Sebaiknya sebelum melakukan yoga berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan, dan sebaiknya dipilih latihan yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil.

Pijat

Pijat dapat dilakukan untuk meringankan beban tubuh dan menghilangkan penat dan memperlancar aliran darah. Tapi, pastikan terapis yang memijat ibu adalah orang yang memahami teknik-teknik pemijatan yang aman untuk wanita hamil, agar tidak membahayakan kandungan ibu. Selain itu, sebaiknya ibu hamil dipijat jika usia kandungannya sudah 3 bulan keatas.

Pijat refleksi

Pijat yang menitik beratkan di bagian telapak kaki ini dapat mengurangi stress dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk ibu hamil, penekanan refleksiologi pada titik tertentu yang dapat mengurangi mual, muntah, nyeri punggung. Refleksi ini aman untuk ibu hamil asalkan sebelumnya ibu memberitahukan kehamilan ibu kepada terapis yang menangani ibu.



Sumber :
http://marunhomespa.wordpress.com/ibu-hamil-aromaterapi/manfaat-pijat-bagi-ibu-hamil/
http://ibuprita.suatuhari.com/prenatal-yoga-aman-untuk-ibu-hamil/
http://www.tukangurut.com/pijat-refleksi-manfaatnya-bagi-kesehatan/
NN. baby guide. 2005. Max media.
http://kesehatan.kompasiana.com/ibu-dan-anak/2010/06/05/meditasi-dan-afirmasi-untuk-ibu-hamil/
http://www.kecantikan.web.id/olah-raga/5-manfaat-meditasi-untuk-kesehatan-jiwa-raga.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.